Pemerintah Kabupaten Bone bekerjasama dengan Badan Pengembangan Sumber daya Manusia Provinsi Sulawesi Selatan melaksanakan kegiatan  Diklat Pelayanan Prima bagi Aparatur Sipil Negara Lingkup Pemerintah Kabupaten Bone, kegiatan tersebut dilaksanakan di Hotel Helios Watampone pada hari Senin tanggal 16 November 2020 dan dibuka oleh Bapak Wakil Bupati Bone Drs.H.Ambo Dalle, M.M.

Pada sambutannya Bapak Wakil Bupati Bone menyampaikan bahwa Diklat Pelayanan Prima bagi Aparatur Sipil Negara sangatlah penting dan strategis sebab akan meningkatkan pemahaman, kemampuan, kompetensi para aparatur sehingga mampu memberikan pelayanan publik yang semakin optimal kepada masyarakat.

“Perlu dipahami bersama, bahwa pelayanan publik merupakan representasi dari penyelenggaraan birokrasi pemerintahan, sebab berkenaan langsung dengan salah satu fungsi pemerintah yaitu memberikan pelayanan. ” Artinya, sebuah kualitas pelayanan publik merupakan cerminan dari sebuah kualitas birokrasi pemerintah, olehnya itu diharapkan sebagai aparatur pemberi layanan agar memiliki kemampuan berupa pengetahuan, keterampilan dan sikap dalam melayani masyarakat” kata Bapak Wabup Bone.

Sementara Kepala BKPSDM Kabupaten Bone Drs.A.Fajaruddin, M.M. mengatakan, “bahwa dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan, maka diperlukan bentuk pelayanan prima. Konsep pelayanan prima menjadi model yang seringkali diterapkan guna meningkatkan kualitas pelayanan publik. pelayanan prima merupakan strategi untuk mewujudkan budaya kualitas dalam pelayanan publik, di mana orientasinya adalah kepuasan masyarakat” 

“Kepuasan masyarakat merupakan salah satu ukuran berkualitas atau tidaknya pelayanan publik yang diberikan oleh Aparatur Sipil Negara. Oleh karena itu, membangun pelayanan prima harus dimulai dengan meningkatkan profesionalisme sumber daya manusia aparatur, sehingga nantinya dapat memberi pelayanan yang terbaik, bahkan melebihi standar pelayanan yang ada” 

Pada kegiatan ini dihadiri pula oleh Kepala Bidang Pendidikan dan Pelatihan Teknis dan Fungsional Badan Pengembangan Sumber daya Manusia Provinsi Sulawesi Selatan Hj. Aryani Aruji, SE, M.M.

Diklat Pelayan Prima ini dilaksanakan dalam rangka meningkatkan kemampuan kompetensi Sumber Daya Manusia Aparatur dilingkungan Pemerintah Kabupaten Bone dan sebagai implementasi dari Peraturan Pemerintah Nomor 17 Tahun 2020 tentang perubahan atas Peraturan Pemerintah Nomor 11 Tahun 2017 tentang Manajemen Pegawai Negeri Sipil.

Sumber : Bidang Kompetensi Aparatur BKPSDM#Bone.go.id

editor : AdminBKPSDM